Sabtu, 12 Mei 2012

SATUA BALI


berikut merupakan satua Bali yang menggunakan aksara Bali, bagi pembaca yang komputernya belum dilengkapi dengan font aksara Bali bisa didapat dengan mengklik download. selanjutnya tinggal copy paste pada control panel - font, dan kalian sudah bisa menampilkan aksara Bali. selamat membaca.!!!


> s*¾ su t eSÿ m  d eDÿ s¾Ç ru.
<  k wu wu s n¾Š*¾ pu ru {ÿ d,  pÉ vu  y k×  r&¾ r t k nÒ, Sÿ mæu en¾æo lø ;¾ r tu  si y d ´  h si y,  s en  j gø  k h tu r*¾ r&¾ v ª r  Kÿ l,  Kÿ e\á n¾Â hu(¾ pu n gø.  p r  r tu  en  si y   d ´  h si y pu ni k  s mi  k) ni  k b sÓ,  k g) n h*¾ r&¾ s ò n&¾ wi m n.  p n g  r nñ  s mi  t) l s¾Ð ru s k/,  k g) mæu(,  s d gø \ñ  s mi  k j r ;. p Zéÿ ek  s en  k nÓ¡ n¾ß hu ri p¾Š mi  r ru d¾Âi \á  l¾Âo g r, ekÙ ;¾ Zÿ en  t næ wi l \ n/.  p r r tu en s en  du ru*¾ k) ni  s mi  ru m s  p ek wu ;,  mi t h)  n¾á) lø s¾é gø  k lu ru g/.  h ek ;¾ s en  \u \Ši  k  h sÓi n.

<  s*¾ pu ru  {ÿ d  Zÿ r t*¾ m \Ði n¾å˱ ru ;¾ r tu  m lø ;¾ h si kø,  m \Ñ  j \Ð) p¾Ñ eDÿ s¾Š tu s/.  pu ni k  dÙ n&¾ hø d  r ri s¾ß \¯¡ ru g¾Ð  j g t¾Šø \À l,  pÉ y  \) ju k¾æÉ vu  j y  wi kÉ m.  s*¾ j y  wi kÉ m  wê kÓø  d h t&¾ ´U r wI r,  p g) ;¾ k hë en  p c*¾ \ m \á) h*¾ k× tÉø y  Œ( m.  pu ni k  dÙ n&¾ hø d  mi Sÿ Œê  p c*¾ m t) l s n/,  t n¾Ð hë n¾Ñ eDÿ s¾ã b nÒ n/.

< g) lø s&¾ c ri t  w dÙ  si \À l en  Sÿ mæu n¾ß \Ð tÐ p yu dÒ n/.  p m( gø en  k di  s g r h \) b) k¾À nÓ¡ k¾Ð ekÙ h n¾Ù dÙ b l.  sÙ r n&¾ eG*ÿ¾, k) xÒ*¾, ev ri,  su \u  hu mê*¾ m wu r h n/.  t n¾À su ew  r wu ;¾ Ï ek  b l  r k×  s  s en  m) mã ;¾ k di  Sÿ g r  h \ lu n/,  tu mu lø  Sÿ  h s  m nÊ b k/,  p t mæu ;¾ yu  dÒ en  wê kÓø  k lø nÕ*¾ k vi n w,  lÙ¨¾ Sÿ g r  h c mæu ;¾ y n¾À¡ p m y*,  s mi  pu ru ³,  wi eRÿ ³,  si lø ;¾ s) mæ l/,  si lø ;¾ h ru g/,  tu w) k¾Óø nu w) k/,  pu pu ;¾ pi nu pu ;,  s mi  p Œ wi eRÿ Œ,  s mi  t n¾À \u c p¾à¡ nÑ¡(.   w dÙ  m nu ³ mi w ;¾ Rÿ k× s  h  ek ;¾ s en  p) j ;,  ´ w en  p ju el mæ*,  m su su n¾Šu su n/,  h eW(ÿ¾ r&¾ w e\Ð n&¾ g j ;¾ mi w ;¾ ku d.  r ;¾ mi lø  k di  eTÿ y en  m) mã ;,  h \Ê  s¾» si n¾Š*¾ \ eTÿ n*.  t en¾Ðo c p n¾Š mæu  nÊ ek  es d  s*¾ j y  wi kÉ m  r&¾ p yu dÒ n/,  Á tß en  ni ZÇÿ p¾ŠÙ( g  eLÿ k.  s*¾ pu ru {ÿ d  k l \С*¾ du k,  Sÿ nÓ¡ k n¾Ó n¾ßi eKÿ lø  h*¾ \) ju k¾Š*¾ j y wi kÉ m,  r ri s¾ß \¯¡ ru g¾Ð wi d( b.  g) lø s&¾ c ri t ,  pÉ vu  wi d( b  Sÿ mæu n¾Ð) ni  k ci dÉ  h nÓ¡ k¾Š*¾ pu ru {ÿ d,  k) ju k¾Ó¡(¾ k b sÓ,  r ri s¾Ð k) b) r*.  en m \Ði n¾é \Ð) p¾Šo mæu en¾Ù nÓ) n¾æÉ r tu  s tu  es¾ÐÛ ;¾ hø pu n/ ,  s mi  Sÿ mæu n¾ß kÉ e\Ð*.  s*¾ pu ru {ÿ d  r ri s¾Ó \Ði l¾É&¾ v ª r   Kÿ l,  pÉ y  mu pu t*¾ pu n gø en.  s \Àí*¾ Kÿ l  r ri s¾ßi ji l/,  h g) e\ k lø nÓ*¾ lø nÓ*.  s ek w nÓ) n¾Ó n¾À( ³  n ri m  h tu r en  pu ni k  s mi,  y n¾Ó n¾ß s Ï \ n¾æÉ vu en  r&¾ h sÓi n,  s*¾ su t eSÿ m.  s*¾ pu ru {ÿ d  \i r&¾ s p k hë n¾ä ª r,  r ri s¾Â bÑ b*¾ w dÙ,  m k hë n¾á)  lø s¾ß \¯¡ ru g¾Ð  h sÓi n,  pÉ y  \) ju k¾Š*¾ su t eSÿ m.

< t n¾Ù( x n) næ m( gø n¾Š*¾ pu ru {ÿ d  s h  b l  w dÙ en  s mi  m \¯¡ ru g¾Ð  h sÓi n,  k c ri t  en  m \Ði n¾Š*¾ su t eSÿ m,  ri  s) Œ) k¾Àø d  m b w) sã w) s¾É&¾ k hë n/,  t n¾Þi y n¾Ù nÓ ;¾ k r h yÙ n¾é g et  s mi  s en  k hø ZÇ)ÿ p*¾ hø d.  k l \С*¾ k w) l s n¾Ài d  \ k×i  j g et  ru s k¾À nÓ¡ k¾Š*¾ pu ru {ÿ d,  m l r p n¾Š k&¾ p \ pÓi n¾ä ª r  Kÿ l,  c ru  pÉ r tu  s tu s/.  en  m \Ði n¾Ð h( ³  m \Ñ  m w) w) ;¾ h \á  n¾Ài d.  sue w  h nÓ¡ k¾Àø d  \u ò ;¾ hu ò h*¾ k hë n/,  p mu pu t¾Ó ò(¾ k r h yÙ n¾é g et s en  ú tÓ m y*¾  hø d.  pu ni k  dÙ n&¾ hø d  m k hë n¾ñË h*¾ r  g  r&¾ s*¾ pu ru {ÿ d,  m \Ñ  j g et  pu lø ;¾ d eDÿ s¾É h yu.  h s pu ni k  w nÓ ;¾ k Œ( m n¾Š*¾ \Þ k× x y*¾ bu dÒ ci tÓ,  p tu t¾å( di y*¾ k¨ tø  m k l   r p n¾ßi eKÿ lø h*¾ p m( gø  ni ZÇÿ p¾®¡ dÒ  eLÿ k.  s ek w nÓ) n¾æÉ vu  d ´  bo hu  k lø ;¾ p tu ;¾ j ey nÑË  mi w ;¾Á( y  su ci tÉ  mÙ*¾ w t) k¾æÉ  r tu en  s mi  t en¾Ù nÓ) n¾ß m tU t*¾ p k hë n n¾Ài d  s*¾ su t eSÿ m  h s pu ni k,  Sÿ nÓ¡ k en¾ê n&¾ hø d  es d  k t d ;¾ h nÓ¡ k¾ä ª r  Kÿ l ,  si n ;¾ j g et  p c*¾ ru s k/,  s wi er ;¾ w nÓ ;¾ hø d  s en  mÊ si  dÒ y*¾ \ m \á) h*¾ k Œ( m n¾É&¾ j g et  m k s mi.  pu ni k  dÙ n&¾ w t) k¾æÉ r tu  mu w ;¾ Rÿ j  pu tÉ  l n¾Ùi r  m  nÓËù  s h  w dÙ  en  si n mê n¾Š gÊ h n¾É ri s¾ß m( gø  r wu ;¾ r&¾ ku ru ek× tÉ,  m p g¾Š p \É wu ;¾ mu su eh.

<  t en¾Ðo c p n¾É  wu ;¾ Ï ek  b l  Rÿ k× s en,  ek ;¾ Zÿ en  t næ  wi l \ n/ ,  sÙ r en  m gɱ du g n¾Ð di  gu nu e\  Ï b  ;,  tu mu lø  Sÿ h s  \ mu k/.  w dÙ  h  sÓi n en  ku ku ;¾ m gu tø n/,  p Œ  t n¾À \u c p¾à¡ nÑ¡(.  ey n¾À ku d*¾ r hø n  su ew kë dÒ en  hø ri k  r&¾ ku ru ek× tÉ,  s mi  p Œ  wi eRÿ ³,  eKÿ c p¾Ð eSÿ r  nÊ ek  w dÙ  Rÿ k× s en.  h ekÙ ;¾ s r p tø ;¾ l n¾Ó  xÒ m nÓËø  nñ en  m tø  r&¾ p yu dÒ n/.  pÉ vu  m g d  l n¾æÉ vu Á w \á  t n¾Ð ri,  Sÿ mæu n¾Ð es d y*¾ h nÓ¡ k¾Š*¾ d ´ bo hu.  hø ri k  s*¾ pu ru {ÿ d  k lø nÓ*¾ ekÉo Œ,  r ri s¾ß mU( tø,  h \á en  pÉ s  k×o tá¡ nu*¾ m h  em ru,  ´ø r eh  dÙ*¾ h tu s/,  bo hu en  rÙ*¾ eh wu,  s mi  \  g)  m¾Š \é t,  ku nÕ,  b jÉ,  g Dÿ,  b Œ m,  mu s l,  c kÉ,  c nÑË   Hÿ s  mÙ*¾ tÉø ´U l,  tu mu lø  r ri s¾å mu k/,  e\o b t¾À bø t/,  s( wi  \ m) d l*¾ g) ni  m \ l n¾À l n/.  b l  h sÓi n en  t) l s¾á) s%,  ePÿ exÒo k/,  t) g l/,  t ru  t ru  mi w ;¾ pÉ ed ´ en  r&¾ t) pi  si r&¾ ku ru ek× tÉ  t) l s¾æu wu n¾Ó n¾æ g nÓ¡ l n/.  p Zéÿ ek  p bÞ) s t/,  h ek ;¾ s en  k p Œ) m*¾ h nÓ¡ k¾Ù dÙ  Rÿ k× s en.   s*¾Á( y  su ci tÉ  g) lø s¾æ Ï k¾É&¾ pÉ vu  su t eSÿ m,  \u ni \ y*¾  h nÓ¡ k¾Ù dÙ en  t) l s¾É± s k/.  pÉ vu   d ´  bo hu,  p tø ;¾ j ey nÑË  mi  w ;¾ pÉ r tu  l n¾Éo  j  pu tÉ  Sÿ mæu n¾Ð s m®¡ t¾É&¾ p yu dÒ n/.  s*¾ su t eSÿ m  r ri s¾à¡ \á ;¾ r&¾ Wÿ h n,  s*¾ su ci tÉ  pi n k  Sÿ r  qi.  p r  m h(¾ ³i  mi w  ;¾ p r  p xÒø t  s mi  \i r&¾ m p lø \ái h n¾á j ;.

< t n¾Ð w(  x l mæ eh  r&¾ m( gø,  eKÿ c p¾Šo mæu  nÊ ek  s*¾ su t eSÿ m  r  wu ;¾ r&¾ p yu dÒ n/.  k ci \ k¾Š*¾ pu ru {ÿ d  k nÓ¡ n¾ß r g  h g%,  k nÓ¡ n¾ß mU( tø,  h pi en  k nÓ¡ n¾ß \ l d¾À l d/,  ni l p¾Š ew nÓ) nñ  hø ri k  r&¾ ku ru ek× tÉ.

<  s*¾ su t eSÿ m  \ Ï p*¾ g) lø s/,  h pi t) l s/,  j g¾æÉ m e\Р pu n ;,  d eDÿ es¾Óo y  lø nÓ*¾ tø s/,   r wu ;¾ k  b \Ðí*¾ gu nu*,  ew nÓ) n¾å) eC(ÿ¾ d eDÿ s¾Éi ZÇ&ÿ,  t ru en  si n mê  n/,  s en  p) c k¾Š mæu n¾æu wu n/,  g) lø s¾ß lø ;¾ m k) d p n/,  s lÙ¨ Zÿ  h s&¾ y  k) n  k h k×i,  s mi  p Œ  p ri pU( x.  p r  r tu  h sÓi n en  s mi w t) k¾Ùù r,  w  dÙ  el n¾Ó¡ r \á,  en ru s k¾æu ni k  s mi,  m lø ;¾ m hu ri p¾É h yu,  pu lø ;¾ k di  du ek   \U ni,  mÙ*¾ w t) k¾æÉ m nÓËø y,  s*¾ pÉ vu  d ´   bo hu,  l n¾Ši r  p tø ;¾ j ey nÑË,  s vÊ tê  mÙ*¾ s w t)  k&¾ pÉ ju ri t/,  Sÿ mæu n¾Ð di  jo tø  mu l.  pÉ vu  pu ru {ÿ d  s \) t¾É± nÓi k/,  w hu  Zøÿ \ k¾À¡ ri ep¾Ù*o¾ si n mê n/,  s*¾ Sÿ mæu n¾ß tø  w hu en,  t \ en  rÙ*¾ eh wu,  pÉ y  \É \С s¾Š*¾ ji n  mU( tø,  Nÿ \À&¾ nÑ t nÐ si dÒ n/,  ed n&¾Á jñ n  pu tu s/,  g) lø s¾É ri s¾ß ni w k*,  s k ª h&¾ s \é t en  lu wi ;¾ lu wi ;,  hu lu \ nñ  k di  w( ³.  m su su n¾ß tø mæi  tø mæi,  r&¾ h Ï p n¾Ài d,  pÉ vu  su t eSÿ m  m e\Ð,  c kÉ en  d di  tu Zé¡*ÿ,  w hu  k) mã*¾ t) \ h&¾ eb ji,  ku nÓ en  d di  pu Œ k/,  l \Ð pÑ di  s) mi n&¾ g Œu*,  m lø lø t¾Ó¡(¾ m s) k(,  m lø \С b n/,  ebo nñ en  k lø nÓ*¾ mi hø k/,  m \ ew  l \) n&¾ ci tÓ.  p n eh  d di  m) nu ;¾ k sÓ¡ ri,  m  Zÿu r mæê ;,  s) k( Zÿ  hø b) k n/,  b jÉ  d di  Mÿ sß xø k/,  k hø d) r n¾Ó m n¾Š nÓ¡ n/,  s mi  y  \u l \u ni n/,  s*¾ pÉ vu  pu ru {ÿ d,  p mU( tø en  pu n ;¾ Sÿ mæu n/,  k) ni Á jñ n  wi m l,  r ri s¾» b ;,  t n¾Ši dÒ  m mU( tø  m lø ;,  rU p   k di  jo tø  mu l.

<  s*¾ pu ru {ÿ d  s mæu n¾Ð su su p en¾ão  Œi  s  tÓÛ m/, Á\Ð r en  m tø \á l/,  t n¾À su  ew r ri s¾ß t \i,  Zÿu mã ;¾ s*¾ su t eSÿ m,  nu n s¾æ \ mæu r,  nu n s¾À¡ ri p¾Š h  t \i s¾Š( wi  h m) ku læo d.  p k hë n en  k) d) ;¾ p c*¾ w e\Ñ \ tu r*¾ s*¾ su t eSÿ m  r&¾ v ª r  Kÿ l.  s*¾ su t eSÿ m  r ri s¾ß w c n,  hø l hø l,  ed w,  lø eZÿo k¾É&¾ pu n gø,  g) lø s¾ß \Ði n¾À tu r*¾ tø tê*¾ r&¾ v ª r  Kÿ l.  s ek w nÓ) en¾Þ b*¾ pu ni k  pÉ r tu en  m k s tu s/.  g) lø s&¾ c ri t,  pÉ r tu en  s mæu n¾» ek  k el b*,  s mi  p Œ  ku ru,  b) r g¾À ri g/.  s mi  Zÿu mã ;¾ r&¾ s*¾ su t eSÿ m.  s*¾ su t eSÿ m  r ri s¾ß p w r ;,  hø \ái ;¾ r tu  r tu  si n mê n/,  h wi n n¾Ài ed w  m \á¡ h*¾ k s \Š r n¾Š k di  m \Ði n/,  pu ni k  wi t¾Š k&¾ k( m | l n¾Ài ed w  ni \á l*¾ k Œ( m n¾Ñ eDÿ  s¾É tu,  ni \á l*¾ }ÿ s n n&¾ r tu,  ni \á l*¾ kú  tÓ m n/,  hø w*¾ m kÓ  Kÿ gu \ n/,  m eSÿ l ;¾ s k wi n*,  s wi er ;¾ k k eWÿ n*¾ h nÓ¡ k¾Àø nÑËø y en  m \Þi pu t/.  s en  m \Ði n¾æ tu t¾Àø ed w  \ wi tø n¾ß lø ;¾ m g) h*¾ k Œ( m n/,  m h yu s  d gø  \&¾ j g t/,  m k di  \i c l*¾ k hë en  m m) ri h*¾ k wi vu h n¾ßi w ;¾ k÷ nÑËø y n/.  bu w t*¾ \ nU tø en¾Šo l ;¾ s*¾ Sÿ Œu.  s*¾ s jé n,  s*¾ Œ( m Rÿ k× k.  pu ni k  p m( gø en  mi eKÿ lø h*¾ k wi v w n¾ßi w ;¾ k j n nŠo g n/.  h ek ;¾ m lø ;¾ p w  r ;¾ hø d  s*¾ su t eSÿ m  r&¾ p r  r tu en  s mi.  eKÿ c ep¾Â m \Ði n¾Šo mæu n¾Ài d  m m( gø   \u \Ši  g) n ;¾ hø d  v ª r  Kÿ l,  k hø r&¾ h nÓ¡  k¾Š*¾ pu ru   {ÿ d l n¾æÉ r tu en  s mi  mi w ;¾ p r  m h( ³i  l n¾æ  r  p xÒø t.  g) lø s&¾ c ri t  Sÿ mæu n¾» ek r wu ;¾ r&¾ h j%¾ hø d  v ª r  Kÿ l.  pu n pi  el d*¾ pi s n¾Ð hë n¾ä ª r,  r ri s¾á) lø s¾å g) m¾Š \é t,  pÉ y  Z)ÿ mæ l¾Š*¾ su t eSÿ m,  s ek w nÓ) n¾Ó \ en  pÉ m e\Р k) k) ;,  s \é t en  t n¾ßi nÓ¡ lø n/,  m lø ;¾ k w w ni n¾Âi w k*¾ s \é t  m w nÓi  w nÓi,  s \é t en  s mi  n¨ gu x.  v ª r  Kÿ l  ekÉo  Œ  t n¾Ši pi,  r ri s¾ß s lø n¾É± p  d eDÿ s¾Âo g  h gu*,  pÉ y  \u nÓ l¾Š*¾ su t eSÿ m,  m \Ñ  t) l s¾Š pi s n n/,  n \À&¾ w hu  eCÿ eK(ÿ¾ hø d en  ek w nÓ) n¾Š en  si dÒ  k hu  nÓ l/ ,  v ª r  Kÿ l  s mæu n¾É± m s  k w Ï g n/,  ed n&¾ k su ru p n¾ß n ;¾ ´u ci,  eLÿ v Á\Ð r en  m tø \á l/,  k g) enÓo s¾À nÓ¡ k¾Ù) l s¾À si ;.  s*¾ su t eSÿ m  r ri s¾Ð m) d l*.  v ª r  Kÿ l  s mæu n¾Ð di  jo tø  mu l,  r ri s¾ñ¡ mã ;,  m pi nu n s¾ß gu ru  r&¾ s*¾ su t eSÿ m.0.

k k) tu s¾Š k&¾ bu ku  tu Zé¡*ÿ¾ m) k(¾ eHÿ lø ;¾:  k) tu t¾Šu kÉ t,
 pu pu t¾Ð s lø n¾É hø   n ´ ni ´Ç r  ú m ni s¾Ù¡ ku  b l,2012,
 k s lø en¾Ào lø ;¾: hø  pu tu  g) ed b gu s¾À nÓ r.

3 komentar:

  1. bes baat,,,sakit penyingak tiange

    BalasHapus
    Balasan
    1. napine baat tra???... kontrasne nake atur di komptere png ten sakit penyingakane!!!

      Hapus
  2. font aksaranya gak bisa di download bli :D

    BalasHapus